Categories: Daily Inspiration

Assalamualaikum..
Selamat malam teman-teman..

Kenapa ya biasanya di malam hari itu kita lebih perasa?
Nyadar ngga? Berdasarkan pengalaman diri sendiri dan orang lain, sepertinya begitu.
karena di waktu malam itulah puncak tumpahan segala emosi setelah seharian beraktivitas..
Apalagi sebelum tidur, lagi tidur-tiduran, sembari menunggu mata tertutup biasanya suka merenung, tiba-tiba mata menerawang ke sisi-sisi kamar tetapi hati menerawang ntah ke mana.. hehee :)

Nah, pada postingan kali ini mengenai “perasaan VS logika”

Pernahkah teman-teman merasakan bahwa biasanya perasaan maunya A, namun Logika berkata B.
Perasaan inginnya itu, tapi logika berkata harusnya ini.
Begitulah fenomena yang ada..
Terkadang, Perasaan itu lebih kuat, meski logika menolak.
kenapa bisa demikian?

Menurut analisis saya, menurut apa yang saya bayangkan, saya pikirkan dan saya rasakan, serta berdasarkan pengalaman, Perasaan seringkali lebih kuat karena ini letaknya di pikiran bawah sadar.

Beberapa bulan yang lalu, saya pernah mengikuti Training NLP (Neuro-Linguistic Programming) di mana berdasarkan ilmu tersebut, Otak kita ini terdiri dari pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Pikiran sadar ini sebesar 12% Sedangkan Pikiran bawah sadar sebesar 88%.
Betapa jauhnya perbedaan ini teman-teman..

Di Pikiran Sadar ini sifatnya “analisis, kritis, pengambil keputusan.”
Sedangkan pikiran bawah sadar berisi mengenai “kebiasaan-kebiasaan, intuisi, belief system, perasaan, dan sebagainya” yang semuanya itu berdasarkan kebiasaan dan juga pengalaman masa lalu.

Dari sinilah saya mengambil kesimpulan bahwa, “perasaan letaknya di pikiran bawah sadar” sedangkan “logika letaknya di pikiran sadar”.

Oleh karena itu, tak heran jika biasanya perasaan lebih kuat dibandingkan logika.
Tak usah jauh-jauh deh, berdasarkan pengalaman sehari-hari saja, pasti biasanya lebih nurutin perasaan ya karena memang pengaruhnya lebih besar.

Seperti contoh, ketika ada orang meninggal, biasanya setelah itu ada tahlilan selama 1 minggu, nanti ada peringatan hari ke 3 kematian, hari ke 7, 40 hari, 100 hari, hinggan setahun kematian itu biasanya ada peringatannya. (tergantung kebiasaan daerah masing-masing).
Secara umum masyarakat sadar bahwa hal-hal itu nggak ditetapkan dalam agama. Namun masih saja banyak yang melakukannya karena kebiasaan masayarakt. Itulah yang namanya “belief system” yang letaknya di pikiran bawah sadar. Pengaruh nya lebih kuat.

Contoh lain yang lebih fenomenal, mendarah daging nih kebiasaan yang tak terelakkan.
Fenomena “pacaran”. Nah mungkin udah mulai geleng-geleng atau senyum-senyum sendiri nih.. :D
Ya, pacaran. Mungkin semua udah tahu, memang tak ada aturan pacaran dalam Islam. Tapi kenapa masih banyak yang melakoninya? Karena kebiasaan yang sudah membudaya, dan juga karena perasaan. Jadi pengaruh pikiran bawah sadarnya masih kuat.

Namun untuk hal 1 ini memang harus lebih berhati-hati. Namanya juga soal perasaan jadinya agak sensi.
Kebanyakan orang berkata ini itu mengenai fenomena pacaran.
Namun harus pandai dalam memilih kata, jangan sampai sama-sama berselisih paham.

Saya salut sama para pendakwah, sama orang-orang alim, yang berdakwah maupun berbicaranya tidak terkesan menggurui, tidak terkesan merasa paling benar, kenapa?
karena segala sesuatunya butuh proses teman-teman..
Yang namanya perasaan, itu mengubahnya tak semudah membalikkan telapak tangan..
Dan, siapa sih yang lebih mengetahui hati-hati hamba-Nya selain Tuhannya..?
Jadi, kita harus selalu belajar untuk ber-pikir positif :)

Ketika kita melihat secara logika..
Ketika kita berkata secara logika..
Namun perasaan tak selalu berbanding lurus dengan logika.. :D

Inilah yang namanya “perasaan VS logika”.

Saya sendiri belajar banyak hal dari fenomena yang ada dan juga dari pengalaman..

Nah, jika memang perasaan lebih kuat, logika ataupun pikiran sadarnya bertugas untuk membantu menentukan pilihan atau mengambil keputusan dari hal-hal yang dirasakan.

Oleh karena itu, orang-orang yang sudah mempelajari ilmu NLP, biasanya bersikap netral.
Sebab, mereka memahami setiap manusia itu unik, dan segala yang dilakukan sebenarnya berniat baik.

Semoga bermanfaat :)
Kita hanyalah manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan karena hanya Dia yang Maha Sempurna.
Kita tak lebih baik dari mereka, juga tak harus merasa lebih buruk dari mereka.
Biarkan Dia yang menilai segalanya..

Nah, Insya Allah lain kali saya mau posting tentang “Asyiknya belajar NLP” hehee
Cuma ini modulnya ada di Bandung, saya lagi di Belitung, beberapa teorinya masih nempel di otak, tapi aplikasinya ada di kehidupan sehari-hari..
Mohoon doa ya teman-teman :)

Salam,
~Scoria Novrisa Dewi~

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Tags:
Posted on May 23, 2013

About the Author

An extra ordinary woman, the Future Great Wife and Super Mom, comes from Belitung Island and stay in Bandung Indonesia :) Public Speaking Lover, always learning, sharing, growing, and blowing :)

3 Responses to “Perasaan VS Logika”
Read them below or add one

  1. aep evolution says:

    all right… kerennnd..
    thanks dah nyadarin gw…

  2. Hitmansystem says:

    Pendapat dan pemikiran Anda cukup bagus. Jika cinta itu bisa di pelajari, maka tidak ada salahnya kita belajar dan mengerti cinta itu. Cinta harus di sertai logika bukan hanya perasaan, cinta yang mengikutsertakan bermain nya logika membuat hubungan semakin ideal dan saling menguntungkan. Contohnya: Dalam suatu hubungan salah satu pihak selalu merasa dirugikan karena hanya memakai perasaan tanpa logika. Lebih baik belajar untuk dapat menjalin sebuah hubungan yang ideal sehingga kedua belah pihak tidak saling merasa dirugikan.

    Salam revolusi cinta,
    HitmanSystem.com
    Pusat Konsultasi & Edukasi Cinta Terpercaya di Indonesia

    • Terima kasih Hitman System :)
      Yup! Bener banget :)
      Cinta tanpa logika dan hanya memakai perasaan bisa-bisa kacau karena saling nurutin emosi..
      Tapi kalau memakai logika sepenuhnya juga nanti kehangatan dan kemesraan pasti kurang, iya khaaan? hehe
      Btw, saya juga Alumni Lovabel Lady lho.. :D

      Salam, Scoria :D

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

Your Rating:
0 1 2 3 4 5

Categories

Contact Info

 NovrisaCha@yahoo.co.id

Top