Categories: Traveling

Cantiknya Pulau Pasir Bersama Mbak Dina :)

Cantiknya Pulau Pasir
Bersama Mbak Dina :)

Jika mendengar kata “BELITUNG” mungkin orang masih belum ngeh, tapi, jika kita menyebutkan “LASKAR PELANGI”, hampir semua orang tau, itulah “PULAU BELITUNG”. Belitung ku yang indah, yang menyimpan begitu banyak KEAJAIBAN TERSEMBUNYI yang mungkin masih jarang orang menyadari nya.

Lihatlah bebatuan besar nan indah yang ada di pantai dan Lautan pulau ini… Merupakan saksi betapa ajaibnya Pulau Belitung.
Foto Penulis di Pulau Batu Berlayar, salah satu rute yang disinggahi dalam wisata Island Hopping

Setiap kali membawa wisatawan menelusuri pantai maupun berlayar ke Pulau-Pulau kecil yang indah di sekitar Pulau Belitung, mereka selalu bertanya, “dari mana kah asal muasalnya baru-batu besar ini” ????
Pulau Batu Garuda tampak belakang

Ada yang bilang, batu-batu besar ini berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau..

Ada juga yang bilang, berasal dari abrasi air laut..

Ada lagi yang bilang begini dan begitu..

Memang, menurut sumber yang dapat di percaya, hingga saat ini belum ada penelitian resmi yang secara khusus meneliti dari mana asal muasal batu-batu tersebut.

Namun, berdasarkan pertemuan kami dengan salah seorang Pemerhati Sejarah dan Budaya Belitung, Bapak Salim dalam acara pembekalan Guide di Kantor Travel www.BelitungIsland.COM di mana saya sedang magang sekarang, beliau membenarkan bahwa belum ada penelitian resmi tentang itu.

Tetapi, berdasarkan hasil analisa dari Sejarah Pulau Belitung, Beliau memperkirakan bebatuan besar ini berasal dari Letusan Gunung Himalaya.

Wahhhh kok bisa????

Ya, bisa saja! Karena meskipun KECIL, tapi belitung ini adalah PULAU TUA.Kenapa sih bisa dikatakan TUA ? bukankah Pulau Bangka yang masih se-Provinsi dengan Belitung ini lebih TUA???Salah satu buktinya adalah, BATU SATAM.

Batu Satam ini adalah BATU METEOR yang jatuh ke bumi dan di dunia ini hanya ada di Belitung, INDONESIA dan di BRAZIL. Keren bukan???

Pulau Batu Garuda tampak belakang

batu satam kecil

sebagian besar orang, batu satam ini disandingkan dengan perhiasan
Kini, batu SATAM sudah jd Ikon Belitung di Pusat Kota Tanjung Pandan

Ternyata, keajaiban batu-batu besar ini juga berkaitan dengan batu meteor yang ada di Belitung.Jika memang Belitung bukan Pulau Tua, kenapa batu Meteor hanya ada di Belitung? Tidak ada di Bangka, di Kepulauan Riau, ataupun di Kalaimantan?

Berdasarkan Gugusan kepulauan Melayu ini, diprediksikan Belitung merupakan Pulau yang tertua sejak jaman dahulu kala.

Penulis dan sahabat di Pantai tanjung Tinggi

Selain itu, lihatlah keajaiban dan keindahan yang dimiliki oleh Pulau Belitung tercinta.

Indonesia memang negara kepulauan, dan ribuan pulau ini selalu dikelilingi oleh pantai.

Namun, tak selalu dengan pantai indah yang memiliki pasir putih, bersih, serta di hiasi dengan batu-batu granit besar..

Indah khaan? :)

Lalu, tak hanya bermodal pemandangan indah saja.

Ada banyak sekali jenis wisata yang bisa di nikmati di Belitung, seperti wisata sejarah, wisata religi, wisata kuliner, dan lain-lain.Dan ada kuliner KHAS BELITUNG yang membuat Lidah wisatawan terngiang-ngiang dengan rasanya.

MIE BELITUNG, SUTO BELITUNG dan GANGAN.

MIE khas BELITUNG, dengan daun SIMPOR yang hanya ada di Belitung. Rasanya? Boleh di ADUUU.. TOP MARKOTOP

SUTO BELITUNG. KHAS rasanya beda dengan soto-soto daerah lain.

Ini dia yang bikin BULE klepek2 sama ikan pedes asem nya dengan rasa yg khas, bikin NAGIH mau lagi dan lagiiiiii

Ini dia yang bikin BULE klepek2 sama ikan pedes asem nya dengan rasa yg khas, bikin NAGIH mau lagi dan lagiiiiii

Dibanding ke daerah lain yang jauh, mendingan jelajahi dulu Pulau kecil nan indah penuh keajaiban ini..

Belitung mempunyai keunggulan :

- Jarak yang DEKAT !!! Hanya 45 menit dari Jakarta ke Tanjung Pandan dengan Pesawat Terbang (Batavia dan Sriwijaya)- Bebas MACET, jadi waktu sangat EFEKTIF untuk berwisata dari tempat yang satu ke tempat lainnya.- Bebas POLUSI UDARA, suasana nya masih asri. Cocok sekali untuk refreshing dan menghilangkan kejenuhan dari padatnya rutinitas.

Indoneisa ini memang kaya akan keindahan, salah satu nya Belitung.So, Jika memang Belitung dekat sekali dengan Ibu Kota JAKARTA, kenapa harus bersusah-susah menjelajah tempat yang lebih jauh..Belitung MENJANJIKAN keindahan alami, kenyamanan dan ketenangan.Yuk ah, Cussssss to Belitung.Info selengkapnya mengenai Belitung bisa di liat di website Disbudpar Kabupaten Belitung : www.disbudpar.belitungkab.go.id Atau bisa baca di www.belitungisland.com

Ngga mau repot-repot ke Belitung dengan mencari tiket pesawat, booking hotel, sewa kendaraan, cari restoran favorite, sewa perahu untuk wisata ke pulau-pulau????? Gampang!!! Semua bisa di bantu oleh BelitungIsland.COM yang merupakan TOUR ORGANIZER Pertama dan Terbesar di Belitung.Mereka sistem reservasi online, pembayaran yang transparan dan terstruktur karena harga dan detail nya bisa langsung di cek di website nya..Atau bisa langsung hubungi ke saya :) Nanti kami akan membantu segala keperluan Anda untuk berkunjung ke Belitung :)

The Miracle of Belitung Island…

The Superb Beach of belitung Island..

Belitung is the Beautiful island..

Ingin lihat keindahan Belitung lainnya???? Bisa lihat di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.493034200709445.123493.100000086088836&type=3

So, buat para manusia serakah, JANGAN RUSAK BELITUNG KAMI DENGAN TAMBANG LAUT yang akan menghancurkan masa depan kami..Belitung tak akan ada artinya tanpa laut, dan pantai yang indah.

Salam, Scoria Novrisa Dewi :)

Diapit 2 batu besar di Pulau Batu Berlayar

Bersama Mbak Rinny :)

Bersama Mbak Rinny :)

Bersama Mbak Dina :)

Bersama Mbak Dina :)

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Tags:
Posted on May 16, 2013

About the Author

An extra ordinary woman, the Future Great Wife and Super Mom, comes from Belitung Island and stay in Bandung Indonesia :) Public Speaking Lover, always learning, sharing, growing, and blowing :)

2 Responses to “The MIRACLE of BELITUNG ISLAND”
Read them below or add one

  1. masroulina says:

    there’s no your explanation about Gangan sist?

  2. Rivka says:

    This is a message to the webmaster. Your website is missing out on at least 300 visitors per day. I have found a company which offers to dramatically increase your traffic to your site: http://nsru.net/fdse They offer 1,000 free visitors during their free trial period and I managed to get over 30,000 visitors per month using their services, you could also get lot more targeted visitors than you have now. Hope this helps :) Take care.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

Your Rating:
0 1 2 3 4 5

Categories

Contact Info

 NovrisaCha@yahoo.co.id

Top