Categories: Tips & Tricks

Assalamualaikum… Selamat pagi dan Selamat berhari minggu :D
Salam hangat dari Pulau Belitung yang cantik nan exotic… xixixixi =)

Di pagi yang cerah ini, matahari tengah malu-malu menampakkan sinarnya.. Kalo matahari malu-malu, saya kali ini dengan pede akan berbagi tip-tips menenangkan hati menjelang sidang skripsi :)

Kenapa sih harus temanya “menenangkan hati?”
Karenaaa menjelang sidang itu, walaupun awalnya merasa sangat pede dengan skripsi yang dibuat semaksimal mungkin, tapi diakhir-akhir waktu menjelang sidang, pasti adaaaaa aja yang kurang, bahkan yang salah.. Baca-baca lagi deh nanti skripsi nya pas mau sidang. Tapi mudah-mudahan nanti ketika temen-temen baca, udah ga ada yang salah ya. Minimal biasanya ada typing eror.. hohoo
Nah, hal-hal itulah yang mungkin merupakan hal kecil tapi bikin was-was..

Jadi inget kata salah satu dosen, “ngga ada penelitian yang sempurna.. Maju aja dulu, nanti setelah itu jika memang ada kesalahan bisa diperbaiki”. Nah, dosen aja sangat memaklumi itu :)
Tenang saja kawan… hehee

Seperti yang saya ceritakan pada postingan sebelumnya, sebelum sidang saya awalnya pede, tapi setelah sadar saya punya beberapa kesalahan, saya jadi ngga pede, takut gini, takut gitu.. Udah minta ketenangan hati sama Allah, minta kelancaran dan kemudahan segalanya ke Allah..

Selain itu, saya pun sharing ke salah satu mentor saya di Public speaking, Mas Taruna Perdana :) Dulu saya belajar Public Speaking di Ganesha Public Speaking School, mau tau infonya tinggal follow twitternya di @GpssBandung =)

Sebenernya ini yang saya tanyakan bukan berkenaan Public Speaking, karena meskipun di dalam Sidang itu ada presentasi, namun dari skripsi yang berhalaman seratus lebihhh, kita hanya di kasih waktu 5-10 menit untuk mempresentasikannya. Waktu itu saya cuma dikasih waktu 7 menit.

Jadi, karena waktu itu saya masih ga tenang, takut gini takut gitu, setelah melakukan ikhtiar langit alias berdoa, beribadah, memohon pertolongan Allah, saya juga melakukan ikhtiar bumi, artinya berusaha juga selain dengan memantapkan diri saya pun sharing dengan si mentor saya itu yang katanya mirip Ippho santosa. hahaaa #emang mirip banget lho.. Bagi yang penasaran, cek di twitter atau fb nya “Taruna Perdana”

Ini kok dari tadi tips-tipsnya belum mulai yah? promosi melulu hehee..
Baiklah, kurang lebih tips-tipsnya begini.. (Berdasarkan sharing via sms dan sms nya masih tersimpan rapih biar bisa disharingkan dan bermanfaat buat temen-temen semua)

1. Seringkali kita merasa penguji lebih jago..hehee..
Walaupun mereka memang jauh lebih berpengalaman dan banyak ilmunya dibandingkan kita ya :) Namun, dalam skripsi ini yang ngerjain itu kita, yang cari bahan itu kita, kita yang terjun langsung ke objeknya, kita sudah observasi, wawancara ke pihak yang terkait objek tersebut maupun ke respondennya, lalu kita yang mengolah data, menganalisisnya, dan mengerjakan semuanya.
Kuncinya adalah “niatkan berdiskusi, sharing ilmu dengan mereka dengan mereka, jadi apabila kita masih ada kekurangan mereka bisa kasih saran dan masukan untuk perbaikan selanjutnya.”
Itu namanya “prinsip puzzle”
Puzzle kan saling melengkapi, jadi kalo ada kekurangan bisa ditambahkan, kalo ada kesalahan, bisa diperbaiki ;)
Buang jauh-jauh pikiran bahwa “ini aksi pembantaian,” kalo mikirnya gitu ntar dibantai beneran. hehee
“Apapun yang ada di pikiranmu, itu adalah benar”
So, berpikir dan berprasangka yang baik-baik, agar semua yang terjadi juga baik-baik. :)

2. Waktu itu saya tanya sama Mas Taruna, “Gimana kalo kita sadar kita ada kesalahan sementara skripsi udah di distribusiin ke para penguji?”
Beliau menjawab gini, “apa hayoo yang bikin kesalahan kecil kerasa besar banget dan bikin audiens sadar banget sama kesalahan itu?
Dalam hal ini yang bikin penguji jadi pengen “ngerjain” nanya ini itu.
Lalu saya jawab, “kalo ngaku ya mas?”
Trus kata Mas nya, “Sebenernya ngaku ga masalah cha, yang jadi masalah itu kalo mereka lihat di wajah yang diuji bahwa ini masalah besar.
Kuncinya adalah “atur mimik muka” hehee

3. Kenali karakteristik penguji ketika menguji sidang :)
Nah, ini bisa cari tau dengan cara tanya – tanya ke para kakak kelas yang sudah lulus, atau ke dosen pembimbing. hehe
Katanya, kalo misalnya ada penguji yang pertanyaan nya muter-muter, sebelum menjawab, konfirmasi balik pertanyaannya agar tak terjadi misscom. hehee
Teruss kalo misalnya memang diri kita salah, jawab dengan tenang, ” iya pak/bu.. nanti insya allah akan saya perbaiki” dan selalu ucapkan “terima kasih” :)
Senyum juga jangan lupa, biar ngga keliatan tegang.. :p

Itulah beberapa tips-tips menenangkan hati menjelang sidang skripsi..
Sebetulnya masih ada tips-tips sidang skripsi yang lebih full, di Grup FB “Sukses Presentasi” namanya. Bagi temen-temen yang mau gabung, boleh :) Siapapun boleh gabung, request dulu ke kita. Alhamdulillah apa yang di sharingkan disana sangat bermanfaat.
Di sana kita saling sharing all about presentation.. Ada juga website nya di www.suksespresentasi.com

Kalo yang saya tulis ini hanya sesuai dengan pengalaman saya dan apa yang di sharing mentor saya.

Oke deh, happy weekend buat semuanya :)

Wassalam,
temanmu yang masih ingin terus belajar untuk lebih baik,

~Scoria Novrisa Dewi”

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

Tags:
Posted on May 19, 2013

About the Author

An extra ordinary woman, the Future Great Wife and Super Mom, comes from Belitung Island and stay in Bandung Indonesia :) Public Speaking Lover, always learning, sharing, growing, and blowing :)

One Response to “Tips-Tips Menenangkan Hati Menjelang sidang Skripsi…”
Read them below or add one

  1. admin says:

    Terima kasih, semoga bermanfaat yaa :)

    Salam, Scoria Novrisa Dewi :D

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

Your Rating:
0 1 2 3 4 5

Categories

Contact Info

 NovrisaCha@yahoo.co.id

Top